TUGAS IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI
HERRI RIZKI (30107834)
BAB I
DISKRIPSI SISTEM EKSISTING
1.1 Diskripsi Obyek Secara Umum
Obyek yang dijadikan sebagai pengamatan adalah Rental dan Rental dan Cahaya Foto Copy” yang beralamat di Jln. Raya Condet, Rental komputer ini didirikan pada tahun 2000 yang pada saat itu hanya menyediakan layanan rental komputer. Dari tahun ke tahun tempat ini berkembang dan saat ini telah menjadi rental komputer dan photo copy serta menyediaakan alat tulis serta snack atau makanan kecil. Rental dan Cahaya Foto Copy Terdapat 3 pekerja yang bekerja setiap harinya. Rental dan photo copy ini buka setiap hari dari jam 08.00 pagi sampai dengan jam 21.00 malam. Tempat ini memiliki 2 buah mesin photo copy dan 4 seperangkat computer.
1.2 Ruang Lingkup Sistem
- Level: Sistem yang akan kami gunakan untuk kajian tugas besar ini adalah pada level operasional.
- Fungsi: Level ini berfungsi membantu operasional pemilik untuk melakukan aktifitasaktifitas dan transaksi dasar organisasi yang mana dalam lingkup kajian kami adalah bagian penjualan.
1.3 Kondisi Sistem Informasi
Sistem informasi yang digunakan di tempat ini masih berupa sistem informasi yang diolah secara manual. Informasi ini berupa struk atau nota penjualan. Informasi yang dibutuhkan untuk photo copy adalah jenis yang photo copy (kertas atau plastik transparasi), jumlah yang diphoto copy. Dan untuk rental adalah lama sewa/rental, pengetikan, pengeprintnan, olah data. Sedangkan untuk lainlain informasi yang dibutuhkan adalah penjilidan, plastik cover.
RENCANA PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI
Tujuan yang hendak kami capai dalam tugas besar ini adalah mengkomputerisasi dan mendokumenkan segala transaksi baik dengan konsumen maupun pihak distributor penyuplai bahan ataupun pihak maintenance dalam lingkup rental komputer dan photo copy. Hal ini dikarenakan melihat dari kondisi kita yang berada pada lingkungan kampus yang mana terdapat banyak sekali rental komputer dan photo copy dan kebanyakan dan bahkan semua menggunakan sistem informasi yang manual untuk melakuakan transaksi. Kami berharap agar program yang kami buat dapat bermanfaat bagi pemilik rental komputer dan photo copy.
2.2 AktivitasAktivitas yang Dilakukan dalam Pengembangan Sistem Informasi
- Tahapan-tahapan yang dilakukan untuk pengembangan sistem informasi ini adalah sebagai berikut: Menghubungi atau melakukan konfirmasi pada pihak rental komputer dan photo copy ??
- Melakuakan observasi dan melakuakan beberapa wawancara untuk menanyakan tentang sejarah perusahaan dan sistem informasi yang digunakan.
- Mengumpulkan sistem informasi yang dibutuhkan, seperti: daftar harga untuk rental komputer dan pengetikan, daftar harga photo copy dengan berbagai jenisnya.
- Membuat rancangan sistem informasi yang akan digunakan untuk mengolah data masukan menjadi data keluaran. Perancangan sistem dilakukan dengan menggunakan Ms. Access.
- Pegawai bagian operasional untuk membuat nota atau struk penjualan.
- Pemilik dari organisasi untuk merekap penjualan per bulan.
- Konsumen untuk mendapatkan struk atau nota pembelian.
Pihak operasional dapat dengan mudah melakukan transaksi dan pihak pemilik dapat melakukan rekapitulasi penjualan tiap bulan sehingga dapat melakukan peramalan untuk bulan berikutnya.
Bentuk informasi yang dapat diberikan adalah struk penjualan atau nota dan laporan bulanan dari penjualan atau pemakaian jasa komputer untuk rentalan. Ada juga informasi yang diberikan kepada konsumen yaitu kepuasan konsumen.hal ini ada karena konsumen memberikan informasi berupa kebutuhan pelayanan. Dari sini karyawan mendapatkan informasi berupa komplain konsumen dan laporan pembelian konsumen serta pemilik mendapatkan informasi berupa laporan penjualan dan laporan keinginnan konsumen yang belum ada di pelayanan rental komputer dan photocopy tersebut. Selain itu untuk pengembangan selanjutnya ada informasi imbal balik yang terjadi yaitu laporan kebutuihan bahan dan laporan pemenuhan bahan dari dan ke penyuplai bahan. Ada juga informasi imbal balik dari dan ke pihan maintenance berupa informasi laporan kerusakan dan laporan perbaikan.
B. Sumber Data
Sumber datanya berasal dari konsumen dan karyawan, produk penjualan, pihan penyuplai bahan dan pihak maintenance.
RANCANGAN KONSEPTUAL SISTEM INFORMASI
3.1 Rancangan Data Base
3.1.1 Tabel
Keterangan:
1. Tabel Konsumen
Seorang konsumen dapat melakukan transaksi lebih dari satu kali atau sering.
2. Tabel Layanan Rental dan Foto Copy
Layanan rental dan foto copy bisa melakukan transaksi tetapi bisa juga melakukan transaksi lebih dari satu transaksi.
3. Tabel Karyawan
Seorang karyawan dapat melayani satu atau lebih dari satu kali transaksi.
4. Tabel Alat
Sebuah transaksi dapat menggunakan satu atau lebih dari satu alat.
5. Tabel Transaksi
Satu atau lebih dari satu kali transaksi dapat dilakukan oleh sebuah layanan rental dan foto copy, berikut satu atau lebih dari satu karyawan.